Wednesday, March 16, 2016

Wisata Edukasi Kampung Horta Bogor

Wisata Edukasi Kampung Horta Bogor

Satu lagi tempat di Bogor yang bisa menjadi salah satu altternatif wisata edukasi atau wisata belajar terutama untuk anak-anak sekolah. Namanya Wisata Keterampilan Kampung Horta. Kampung Horta merupakan sebuah kampung kecil yang terletak di Kp. Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kec. Ciomas, Bogor. Disebut kampung horta karena sebagian besar ibu-ibu dan remajanya mempunyai pekerjaan sampingan sebagai pembuat/pengrajin boneka horta.

Ada beberapa aktivitas yang ditawarkan di Kampung Horta ini diantaranya : pelatihan pembuatan boneka Horta, pelatihan teknik dasar menyablon, pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan terarium, pelatihan daur ulang kertas, pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat, pengenalan ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut. Semua hasil praktek dan semua hasil pelatihan boleh dibawa pulang oleh peserta.

Kegiatan Dan Pelatihan

Di Kampung Horta, para siswa dan siswi bisa melakukan banyak kegiatan edukasi langsung di tengah alam hijau, diantaranya : pelatihan pembuatan boneka Horta, pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan terarium, pelatihan daur ulang kertas, pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat, pengenalan ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut.

Beberapa aktivitas pelatihan keterampilan ini diharapkan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan semua peserta terutama dalam hal keterampilan dan kewirausahaan.

Karena sifatnya pelatihan keterampilan sehingga dalam satu hari pesertanya dibatasi minimal 20 orang dan maksimal 150 orang saja. Dan dalam satu hari hanya dapat memfasilitasi satu rombongan atau satu sekolah saja.

Beberapa aktivitas pelatihan keterampilan yang dapat dilaksanakan dan dipilih di Kampung horta diantaranya :
- Pelatihan pembuatan Boneka Horta
- Pelatihan teknik dasar membatik
- Pelatihan teknik dasar menyablon secara manual
- Pelatihan pembuatan terarium / teknik menanam sistem hidroponik soil less
- Pelatihan pembuatan telor asin
- Pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat keluarga..
- Pelatihan pembuatan kerajinan dari bahan dasar tanah liat (clay)
- Pelatihan Daur ulang kertas (pembuatan bubur kertas)
- Pelatihan Menghias Caping (Topi Petani).
- Pelatihan Tata Boga pembuatan kue tradisional
- Pelatihan Membuat dan mewarnai layang-layang
- Pengenalan Ekosistem sawah dan kolam air tawar.
( Ditambah aneka lomba menarik dan seru di sawah berlumpur seperti lomba menangkap ikan, menangkap bebek, tarik tambang, memandikan kerbau. Dijamin Seru )
- Pengenalan biopori dan pelatihan pengomposan sampah organik.

Pelatihan-peatihan keterampilan tersebut dapat dipilih dan disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, usia, atau kurikulum sekolah.

Dalam sehari, setiap rombongan dapat memilih dan melaksanakan 2, 3 atau 4 program pelatihan. Semuanya langsung praktek. Teori hanya sebatas pengantar diawal saja.

Semua hasil pelatihannya boleh dibawa pulang oleh setiap peserta. Jadi tidak perlu beli oleh-oleh lagi. Jika ambil 2 kegiatan pelatihan berarti ada 2 barang yg dibawa pulang, jika 3 pelatihan ada 3 barang, jika 4 pelatihan 4 barang.


Biaya

Biaya per-kegiatan adalah Rp. 20.000/peserta.
Estimasi lamanya waktu pelatihan adalah 45-60 menit / pelatihan.

Selain itu kami juga bisa memfasilitasi konsumsi makan siang untuk peserta dan guru pendamping dengan biaya Rp. 17.500/siswa dengan menu :
  1. Nasi putih, ayam goreng, bakmie, sayur capcay, buah dan air mineral. + welcome drink teh manis dan rebusan kacang ubi atau pisang.
  2. Nasi putih, ayam bakar, tahu, tempe, lalapan, sambel, buah dan air mineral + welcome drink teh manis dan  rebusan kacang ubi atau pisang.
  • Cara penyajiannya berupa box.
Contohnya
Apabila dalam satu hari sekolah memilih 3 program pelatihan ditambah dengan makan siang maka total biayanya adalah Rp. 77.500/peserta.
Atau 4 pelatihan ditambah makan siang, maka biayanya menjadi 97.500/peserta.

Untuk Bapak dan Ibu guru pendamping atau orang tua yang ikut berkunjung, hanya dikenakan biaya makan siangnya saja yaitu sebesar Rp. 17.500/orang dan tidak dikenakan biaya yang lainnya.

Lokasi Kampung Horta

Berlokasi di Kampung Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kec. Ciomas, Bogor.

Panduan Arah:

Arah dari Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan sekitarnya.
Keluar pintu tol Bogor/Kebun Raya, ketemu lampu merah ambil kanan ke arah Tugu kujang, belok kiri mengikuti jalur satu arah di tugu kujang, lurus terus menuju BTM (Bogor Trade Mall). Di pertigaan BTM belok kanan jalur satu arah, lurus terus sampai ketemu SMUN 1 Bogor belok kiri menuju stasiun bogor.
Lurus terus melewati Lapas Paledang, Plaza jembatan merah dan BTW.
Lurus terus sampai ketemu jembatan dan tanjakan panjang. Setelah tanjakan siap-siap ambil yang ke kiri di pertigaan ke arah Ciomas (jalan RE Abdullah).
Ketemu lampu merah ambil arah ke kanan ke Jalan Raya Ciomas, lurus terus sampai ketemu gerbang komplek perumahan Villa Ciomas sebelah kanan tepat setelah SD Ciomas atau di sebrang kantor Kecamatan Ciomas. Masuk ke dalam komplek sampai ketemu kolam renang Tirta Madani/Lapangan futsal Adiputra.

Bagi anda yang akan survey dan membawa mobil, mobil dapat diparkir di parkiran Kolam Renang Tirta Madani karena Lokasi kampung Horta tepat dibelakang kolam renang tersebut. 2-3 Mobil bus besar (seat 60) dapat masuk langsung ke lokasi parkiran.

Untuk informasi dan Survei Lokasi Hubungi :

Sms/Call/Whatsapp : 081519218214
Email : info.kampunghorta@yahoo.com
Website: www.kampunghorta.com





Prosedur Kunjungan :

1. Booking Tanggal
2. Pembayaran DP
3. Hari H dan Pelunasan.

Selamat berlibur


EmoticonEmoticon