Tuesday, March 15, 2016

Pantai Surga Lombok

Pantai Surga Lombok

Seperti namanya, Pantai Surga bagaikan sebuah potongan surga yang terdampar di bumi Indonesia. Wisata pantai Lombok ini menyimpan seribu pesona yang akan membuat Anda merasa aneh, merasa bahwa Anda tidak seperti berada di bumi.

Berada di ujung teluk, Pantai Surga Lombok relatif terpencil letaknya. Namun pesonanya melebihi pantai-pantai yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sedangkan pantai utamanya terletak tepat diengah-tengah dua tebing tersebut. Pantai Surga membentang tak lebih dari 600 Meter. Bentuknya seperti huruf U, dengan tepi pantai yang keseluruhannya tertutup oleh pasir putih.

Di Pantai Surga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari sekedar berbaring sambil membaca dan menikmati sebuah kelapa muda, berjalan-jalan berkeliling pantai menikmati pemandangan dan suasana yang romantis, berenang atau ber-snorkling, sampai berselancar dan memancing. Bahkan bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, Anda bisa memanjat tebing yang berada di sebelah kanan pantai ini sembari menikmati pemandangan nan menakjubkan, atau menjelajah area sekitar pantai. Sesampainya di ujung atau di atas tebing, Anda bisa beristirahat di sebuah berugak (gazebo) dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki hobi berselancar, bermacam jenis ombak akan menanti Anda. Mulai dari ombak reguler sampai ombak yang tinggi nan menantang. Untuk mendapatkan ombak yang “cantik” nan menantang, Anda bisa berkunjung pada bulan Juni hingga Oktober. Tak hanya pengunjung domestik saja, pengunjung mancanegara juga mendatangi pantai ini. Meskipun jumlahnya tak sebanyak di Pantai Senggigi atau Pantai Kuta Lombok.

Pantai Surga Lombok terletak sekitar 72 Kilometer dari Kota Mataram. Anda bisa mencapai pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Hanya saja, Anda tidak bisa menggunakan kendaraan umum karena tidak tersedia sarana tersebut.

Dari Kota Mataram Anda bisa menempuh rute Mataram - Cakranegara - Praya - Ganti - Sepapan - Jerowaru - Jor - Pemongkang - Ekas - Pantai Surga. Jalan yang melalui rute tersebut sebagian besar berkondisi baik. Hanya pada 5 Kilometer terakhir, Anda akan melalui jalan yang berkondisi kurang bagus. Ruas jalan ini akan lebih sulit untuk dilewati pada musim penghujan. Sebaliknya, ruas jalan ini akan banyak berdebu pada musim kemarau. Sehingga ada ungkapan “Pantai Surga jalan neraka”. Namun jangan khawatir, karena “Surga” telah menanti Anda di ujung perjalanan.

Anda juga bisa mampir sebentar di Pantai Sungkan, Pantai Kaliantan serta Teluk Ekas yang masih berada pada satu rute. Karena suasana dan pemandangan Pantai Surga Lombok yang sangat indah nan menakjubkan, tak banyak yang bisa digambarkan melalui kata-kata. Sehingga sangat disarankan agar Anda mengunjungi Pantai Surga ini, dan menyaksikan seribu pesonanya dengan mata kepala Anda sendiri. Welcome to Amazing Surga Beach.

Selamat berlibur.


EmoticonEmoticon