Wednesday, March 16, 2016

Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti dengan lahan seluas 15 ha adalah kebun wisata agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah diantara kebun buah dan kolam pancing ikan. Terletak diantara Desa Tajur, Pasirmukti, dan Gunung Sari, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Kebun Wisata Pasir- mukti dapat ditempuh ± 60 menit dari Jakarta.

Sejarah

Berawal dari cinta tanaman, Nyonya Emily Turangan-Senduk yang berpendidikan Fakultas Pertanian UGM, mengembangkan hobi berkebun dan menanam anggrek di Desa Pasirmukti, Kecamatan Citeureup Bogor pada tahun 1979. Sejalan dengan peningkatan produktifitas dan pemberdayaan masyarakat, pada tahun 2003 Kebun Wisata Pasirmukti tidak lagi sebagai lahan hobinya, tetapi dikelola secara profesional dibawah PT. Kebun Pasirmukti. Lahan kebun dari 5 ha dikembangkan menjadi 15 ha dan menjadi lahan usaha Wisata Agro dengan visi memperkenalkan dunia pertanian kepada masyarakat luas, khususnya kepada generasi muda.

Kebun Wisata Pasirmukti adalah jembatan untuk berwisata ke alam pertanian. Partner sekolah untuk mencerdaskan anak bangsa lewat kegiatan AGROPINTAR. Dan solusi bagi perusahaan untuk menghadirkan kebersamaan.

Fasilitas Dan Paket Wisata

Agrowisata yang bisa dinikmati di Kebun Wisata Pasirmukti cukup beragam. Mulai dari pembibitan anggrek, kebun buah, kebun sayur, hidroponik, kolam ikan hingga ke peternakan. Di sini, pengunjung bisa melihat berpraktek, melihat demo dan berbelanja buah atau tanaman.

Beberapa fasilitas yang sempat kami kunjungi antara lain fasilitas hidroponik. Tempat hidroponik yang ada di Kebun Wisata Pasirmukti tidak terlalu besar. Terdiri dari dua green house yang dilengkapi dengan instalasi hidroponik tipe kolam apung dan vertikultur. Di fasilitas ini, pengunjung bisa mendapatkan penjelasan mengenai cara bertanam hidroponik.

Di Kebun Wisata Pasir Mukti terdapat juga kebun buah, baik yang ditanam di dilahan terbuka maupun ditanam dalam pot (tabulampot). Jenis buah-buahannya terdiri dari jambu batu, jambu air, belimbing, jeruk kasturi, mangga, matoa dan masih banyak lagi.

Fasilitas tanaman buah juga dilengkapi dengan tempat peragaan cara bercocok tanam. Pengunjung bisa berpraktek bercocok tanam berbagai jenis buah di tempat ini. Hasil prakteknya bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Selain itu terdapat juga fasilitas kebun anggrek, tanaman hias, pertanian sawah, kolam ikan dan kandang ternak. Sayangnya, tidak semua fasilitas siap dengan petugasnya. Terutama bila Anda berkunjung tidak dalam rombongan besar dan bukan hari libur.

Praktek-praktek pertanian bisa didapatkan bila anda membeli paket-paket agro yang ditawarkan. Mulai dari paket agro junior, agro adventure hingga ke paket anak petani. Agro junior misalnya, menawarkan pemanduan agro pintar, menanam anggrek di cup, menanam padi, membajak sawah hingga melukis caping.

Kalau beruntung ada juga demo menanam anggrek dan tabulampot gratis. Biasanya diselenggarakan di hari Sabtu dan Minggu, atau hari libur nasional.

Arena Permainan

Berbagai fasilitas penunjang agrowisata terus dibangun, mulai dari penginapan, ruang pertemuan, lapangan, restoran, arena permainan, toko oleh-oleh hingga ke tempat parkir yang luas. Kebun ini memang dirancang untuk rekreasi keluarga, terlihat dari banyaknya arena bermain untuk anak-anak.

Hampir semua permainan di Kebun Wisata Pasirmukti bernuansa alam. Mulai dari bermain di kolam lumpur, menangkap ikan sampai membajak sawah dengan sapi. Sangat cocok untuk mengenalkan anak pada dunia pertanian. Bagi pengunjung yang tidak ingin kotor-kotoran, terdapat juga kolam renang, flaying fox dan arena motor ATV.

Bagi orang tua yang menanti anak-anaknya bermain, disediakan juga fasilitas kolam pemancingan. Ikan hasil tangkapan bisa ditimbang dan dibeli. Kalau Anda yang ingin langsung menikmati hasil tangkapan, tersedia kios-kios yang menjual jasa memasak ikan di sekitar kolam pemancingan.

Selain tiket masuk, pengelola menerapkan tiket untuk setiap paket permainan. Sepemantauan kami harga tiket arena permainan bervariasi dari Rp. 10.000-75.000 per orang. Sedangkan harga untuk paket-paket pendidikan agro berkisar Rp. 110.000-350.000 per orang.


Fasilitas Penginapan

Kebun Wisata Pasirmukti memiliki sarana penginapan berupa pondok-pondok, antara lain berarsitektur Minahasa. Sarana ini sangat cocok untuk kebutuhan keluarga, sekolah maupun perusahaan.

Biaya Ekstra

  • Rp. 140.000/orang; Ekstra Bed, 2 x makan
  • Rp. 60.000/orang; Ekstra Bed tanpa makan

Keterangan :
Check in pukul 14.00 WIB, Check out pukul 12.00 WIB
Harga tidak berlaku pada libur khusus (Lebaran, Natal dan Tahun Baru)
Fasilitas : Tiket Masuk, Peminjaman alat pancing, Makan Pagi dan Malam, Pemanduan wisata pagi hari.

Fasilitas: Restaurant

Kebun Wisata Pasirmukti memiliki restoran BAKUDAPA yang menyajikan menu khas Minahasa dan makanan nasional lainnya. Sambil menikmati ayam woku dan kuah asam, kita dapat meresapi indahnya hamparan sawah diantara kebun buah.

Fasilitas: Rekreasi

Kebun Wisata Pasirmukti menawarkan aneka rekreasi bernuansa alam seperti: kolam pemancingan, kemping, bajak sawah, arena kolam lumpur, serok dan tangkap ikan.

Fasilitas: Cinderamata

Dari aneka jenis buah-buahan yang ditanam, Kebun Wisata Pasirmukti menetapkan buah JERUK KASTURI (LEMONG CUI) sebagai maskot kebun. Dari buah KASTURI ini telah dihasilkan industri rumah berupa sirup dan selai Lemong Cui. Sirup yang segar ini merupakan Minuman Selamat Datang bagi pengunjung. Selain itu, tersedia juga aneka cindera mata seperti cangkir, topi, tas dan lain-lain berciri Kebun Wisata Pasirmukti.

Fasilitas Umum

Untuk kenyamanan pengunjung yang datang berwisata dan melakukan kegiatan di Kebun Wisata Pasirmukti, tersedia lahan parkir yang dapat menampung puluhan bis dan kendaraan pribadi. Tersedia juga puluhan MCK yang tersebar di beberapa lokasi, bahkan untuk fasilitas kemping disediakan 20 MCK dan mushola. Untuk memperlancar komunikasi, disediakan sarana WI-FI di beberapa area.

Kontak

Kantor Jakarta

Jl. S. Iskandarmuda 2A
Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan
T. 021 739 8808
F. 021 739 8886
W. www.pasirmukti.co.id

Kebun Wisata Pasirmukti

Alamat:  Jl. Raya Tajur Pasirmukti Km.4, Citeureup, Bogor 16810
Telpon:  (021) 8794 3864/65
Web:  www.pasirmukti.co.id
Buka:  Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket:  Rp. 15.000/orang


EmoticonEmoticon