Friday, March 18, 2016

Ini Lho Khasiat Kayu Manis Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Dan Lainnya, Silahkan Share..!!!

Ini Lho Khasiat Kayu Manis Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Dan Lainnya, Silahkan Share..!!!

Hanya dengan mengonsumsi ½ sendok teh kayu manis sehari bisa mengurangi kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2 dan kayu manis juga terbukti secara efektif mengurangi kadar trigliserida, LDL, dan kadar total kolesterol dalam tubuh.

Berikut adalah khasiat dan manfaat Kayu Manis

 

1. Mengontrol Gula Darah

Kayu manis memiliki manfaat yang signifikan bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2 untuk membantu tubuh mereka merespon insulin, sehingga menormalkan kadar gula darah. Senyawa tertentu dalam kayu manis merangsang reseptor insulin dan menghambat enzim yang menginaktivasi mereka, meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa.Secara teratur mengkonsumsi kurang dari satu-setengah sendok teh per hari menurunkan kadar gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2. Sangat mudah untuk memasukkan ke dalam asupan harian. Cukup taburkan pada oatmeal atau sereal, atau tambahkan sejumput kecil untuk teh atau kopi.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kayu manis telah terbukti sangat meningkatkan kewaspadaan mental. Hanya mencium baunya aktivitas otak meningkat. Wangi dapat meningkatkan proses kognitif dan sangat meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan perhatian, memori pengakuan virtual, memori kerja, dan kecepatan visual-motorik. Orang-orang yang menderita kecemasan atau kegugupan ujian dapat minum teh kayu manis untuk menenangkan pikiran.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Karena berbagai sifat anti-inflamasi, kayu manis sangat efektif dalam menjaga jantung dan sekitarnya arteri dari kerusakan dan infeksi. Kayu manis membantu melawan kolesterol ‘buruk’, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total. Sifat anti-inflamasi juga membantu menyembuhkan peradangan pada jaringan internal dan mengurangi risiko serangan jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Kolon

Kayu manis merupakan sumber yang sangat baik dari serat, kalsium dan mangan mineral. Kombinasi kalsium dan serat dapat meningkatkan fungsi usus besar. Sehingga mengurangi resiko kanker usus. Serat makanan juga sangat berguna dalam mengurangi gejala Irritable Bowel Syndrome termasuk diare dan sembelit.

5. Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Texas, kayu manis dapat mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh dan, jika dimasukkan secara teratur dalam makanan, dapat membantu mencegah kanker. Kayu manis juga membantu mengurangi tingkat pertumbuhan leukemia dan limfoma sel-sel kanker.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kayu manis mengandung senyawa yang disebut coumarin yang memiliki sifat pengencer darah yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa terlalu banyak coumarin dapat menyebabkan kerusakan gangguan fungsi hati sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah kecil.

7. Mengobati Penyakit Neurodegeneratif

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang mengurangi peradangan konstan jaringan internal otak, sehingga melindungi dari berbagai gangguan neurologis. Bahan Kayu manis kuat dan alami juga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit neurodegeneratif termasuk Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak dan meningitis.

8. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kayu manis dapat secara signifikan mengurangi kadar trigliserida dan LDL “kolesterol jahat” dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Bahan aktif, polimer methylhydroxychalcone dalam kayu manis juga dapat meningkatkan kemampuan sel-sel Anda untuk memetabolisme gula hingga 20 kali. Untuk membantu mengontrol kadar kolesterol Anda, hanya taburi sedikit bubuk kayu manis ke dalam kopi atau oatmeal sekali sehari.

9. Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan

Kayu manis diyakini menyembuhkan masuk angin dan flu. Untuk meredakan sakit tenggorokan, tambahkan 1-2 sendok teh bubuk kayu manis untuk secangkir teh hijau. Tambahkan jus lemon untuk membantu memerangi infeksi pernapasan. Untuk batuk pilek dapat membuat campuran air hanagt, madu dan seperempat sendok teh kayu manis dan meminumnya dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

10. Mengurangi Nyeri Rematik

Kayu manis telah ditunjukkan dalam studi untuk mengurangi sitokin yang terkait dengan nyeri skibst rematik. Pasien diberikan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis dikombinasikan dengan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan dapat membantua mengurangi nyeri setelah satu minggu, dan bisa berjalan tanpa rasa sakit dalam waktu satu bulan.Meskipun kayu manis sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, jangan berlebihan berpikir Anda akan mendapatkan manfaat lebih dengan mengkonsumsi dosis besar pada suatu waktu. Bahkan, sejumlah besar kayu manis mungkin beracun dan merusak hati. Ibu menyusui dan hamil juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi kayu manis.

Disamping manfaat kayu manis, ternyata ada juga efek samping Kayu Manis yaitu:

 

1. Mendorong Kontraksi Rahim

Beberapa wanita tergoda untuk mengkonsumsi kayu manis saat hamil karena dapat menyingkirkan gangguan pencernaan dan membantu menghilangkan sakit perut. Tetapi ternyata kayu manis dapat menginduksi kontraksi rahim dan dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan persalinan prematur. Oleh karena itu konsumsi kayu manis harus dibatasi, dan tidak boleh dikonsumsi setiap hari.

2. Iritasi Kulit

Minyak kayu manis murni dapat mengiritasi kulit, bahkan menyebabkan sensasi terbakar. Hal ini akan lebih berbahaya ketika mengenai alat kelamin.

3. Peningkatan Denyut Jantung

Orang-orang yang memiliki penyakit jantung juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi kayu manis. Dianjurkan untuk meminum atau memakan makannan yang hanya mengandung 2% kayu manis untuk mencegah peningkatan denmyut jantung yang berlebihan.

4. Tersedak

Menelan bubuk kayu manis tanpa air minum dapat menyebabkan kematian akibat tersedak. Bubuk kayu manis bisa masuk ke paru-paru dan menyebabkan infeksi yang dapat mengakibatkan komplikasi pernapasan parah. Hal ini dapat menyebabkan lemahnya paru-paru (dan kematian jika tidak dipakaikan ventilator). Jika selamat, hal itu dapat menyebabkan paru-paru memiliki bekas luka yang dapat menyebabkan masalah medis di kemudian hari.

5. Iritasi Perut

Ketika mengkonsumsi kayu manis dalam jumlah yang berlebihan mungkin mengalami iritasi lapisan perut. Orang-orang yang sudah memiliki masalah pencernaan seperti sakit maag harus mewaspadainya.

6. Iritasi Mulut

Ekstrak kayu manis yang konsentrat atau minyak kayu manis dapat menimbulkan sensasi tebakar pada mulut serta dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengencerkan ekstrak atau minyak kayu manis.

7. Menurunkan Gula Darah Terlalu Besar

Kayu manis telah dikaitkan dengan menurunkan kadar gula darah. Ini bisa menjadi masalah bagi penderita diabetes atau orang lain yang harus mempertahankan kadar gula darahnya. Jika anda sedang minum obat untuk mengatur kadar gula darah (atau memiliki penyakit yang berhubungan dengan gula darah), berkonsultasilah dengan dokter. Perlu diingat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kayu manis saat sedang memakai obat penurun tekanan darah juga dapat menyebabkan penurunan gula darah yang terlalu besar.

8. Gusi Bengkak (Gangvitis)

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan produk oral seperti permen karet, obat kumur dan pasta gigi dengan ekstrak kayu manis mungkin terkait dengan pembengkakan gusi.

9. Pusing dan Sesak Nafas

Mengkonsumsi kayu manis terutama dalam jumlah terkonsentrasi dapat menyebabkan pusing atau sesak napas.

10. Penyakit Ginjal

Beberapa percaya bahwa kayu manis dapat menyebabkan penyakit ginjal ketika dikonsumsi dalam konsentrasi tinggi. Meskipun belum ada penelitian khusus yang dilakukan yang mendukung teori ini dan menunjukkan hubungan sebab akibat langsung antara konsumsi penyakit kayu manis dan ginjal.

Dosis yang aman untuk mengkonsumsi kayu manis

Kayu manis aman bagi kebanyakan orang ketika diminum dalam jumlah kurang dari 6 gram sehari selama 6 minggu atau kurang.


EmoticonEmoticon