Tuesday, March 15, 2016

Bukit Sembalun Lombok

Bukit Sembalun Lombok


Bukit Pergasingan, tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur, dengan ketinggian 1700an mdpl, menawarkan solusi alternatif buat kalian yang pengen naik gunung saat Rinjani ditutup. Mendaki kurang lebih 3 jam kalian sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahrga atau kepintaran main gasing diantara mereka.

Bagi yang ingin bermalam camping di bukit ini, perlengkapan tracking tetap harus dipersiapkan. Begitu juga dengan logistik yang memadai. Jalur pendakian tidak bisa dianggap sepele karena di beberapa titik kita akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat. 3 jam pendakian akan sangat melelahkan namun itu juga setimpal dengan pemandangan yang disajikan baik saat dalam perjalanan mendaki sampai anda berada di puncak.  

Selamat berlibur..
 


EmoticonEmoticon