Friday, February 26, 2016

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Manfaat kumis kucing untuk mengobati berbagai macam penyakit memang tidak perlu diragukan lagi. Kumis kucing selama ini memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan obat tradisional. Keampuhannya dalam mengobati berbagai macam penyakit sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang telah membuktikannya. Sebagai tanaman obat, kumis kucing memiliki khasiat yang ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan sampai penyakit kronis. Ini karena kumis kucing mengandung senyawa ataupun nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan sangat baik dalam mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan obat tradisional dari kumis kucing merupakan obat tradisional yang tidak memberikan efek samping. Hal ini sudah disepakati oleh pakar pengobatan tradisional. Kumis kucing tidak hanya dapat mengobati berbagai macam penyakit tetapi juga aman digunakan. Untuk kandungan yang ada dalam kumis kucing diantaranya yaitu atsiri, saponin, sinensetin, sapofonin, kalium dan zat samak. Lalu, apa saja manfaat kumis kucing yang baik untuk kesehatan?

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dari daun kumis kucing, simak ulasan berikut ini. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh obat tradisional kumis kucing:

1. Batu ginjal

Manfaat kumis kucing yang pertama yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal. Cara pembuatan obat tradisional dari kumis kucing yaitu dengan merebus 20 lembar daun kumis kucing yang telah dicuci bersih. Rebus menggunakan 5 gelas air putih. Tambahkan juga 5 lembar daun keji beling. Rebus sampai air yang tersisa tinggal 2 gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali dalam sehari, dengan dosis sekali minum 1 gelas.

2. Diabetes

Manfaat lain kumis kucing yaitu untuk mengobati penyakit diabetes. Manfaat kumis kucing untuk diabetes ini cukup ampuh. Cara membuat ramuan kumis kucing yaitu dengan merebus 15 lembar daun kumis kucing menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai air yang tersisa tinggal 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin, saring dan minum airnya dalam sekali minum. Minum ramuan ini setiap hari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Keputihan

Manfaat kumis kucing lainnya yaitu dapat mengatasi masalah keputihan bagi kaum wanita. Caranya yaitu dengan merebus segenggam daun kumis kucing yang dicampur dengan daun beluntas. Tambahkan juga jintan hitam sebanyak 1 sendok teh dan juga kemukus 10 biji. Rebus menggunakan air secukupnya hingga mendidih, minum secara rutin setiap hari 1 kali minum.

4. Sakit pinggang

Sakit pinggang juga dapat diobati menggunakan daun kumis kucing. Cara membuat obat tradisional sakit pinggang ini yaitu dengan merebus 7 lembar daun kumis kucing. Tambahkan 2 akar kumis kucing setelah dicuci hingga bersih. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan 1 gelas air. Setelah mendidih, minum obat tradisional tersebut 2 kali dalam sehari. Minum secara rutin setiap harinya untuk memperoleh manfaat kumis kucing ini secara maksimal.

5. Masuk angin

Untuk mengobati masuk angin, Anda dapat merebus daun kumis kucing segenggam. Rebuslah menggunakan 1 gelas air, tunggu sampai mendidih. Angkat kemudian tunggu sampai dingin. Setelah dingin Anda baru dapat meminumnya sampai habis.

Itulah beberapa manfaat dari obat tradisional kumis kucing. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan serta cara membuatnya sangat sederhana. Selain itu, obat tradisional kumis kucing juga dapat memperlancar pengeluaran air kemih. Demikian yang dapat disampaikan mengenai obat tradisional kumis kucing. Manfaat kumis kucing bagi kesehatan memang sangat luar biasa dan tidak boleh Anda sia-siakan.



EmoticonEmoticon