Sunday, February 28, 2016

10 Nilai Yang Dapat Ditanamkan Kepada Anak Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonis, Pleases Share..!!

10 Nilai Yang Dapat Ditanamkan Kepada Anak Agar Tidak Terjebak Gaya Hidup Hedonis, Pleases Share..!!

Uraian dibawah ini dapat menjadi panduan para orang tua untuk dapat mendidik anaknya agar tidak terjebak gaya hidup hedonis.

1. Dekatkan Diri Kepada Tuhan

Ajaran agama akan menuntun seseorang ke jalan terang, karena itu didik mereka supaya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan supaya tidak mudah tergoda oleh iming- iming kenikmatan sesaat dunia.

2. Hidup Sederhana

Kesederhanaan adalah awal kebahagiaan. Karena itu sejak anak-anak masih kecil, berilah pengertian bahwa hidup sederhana bukan berarti selalu kekurangan, melainkan sebuah cara hidup yang bertujuan untuk menjauhkan diri dari sikap tamak dan serakah.

3. Bekerja Keras

Anak-anak perlu memahami bahwa untuk bisa bertahan hidup, mereka harus mau bekerja keras. Bekerja adalah sebuah kewajiban karena ketika mereka sudah berumah tangga nanti, bekerja juga bentuk dari amal ibadah.

4. Tidak Konsumtif

Didik mereka supaya dapat memanfaatkan uang dengan bijaksana. Arahkan mereka agar tidak bersifat konsumtif dan menghambur-hamburkan uangnya untuk berbelanja yang tidak perlu.

5. Jangan Selalu Menuruti Keinginannya

Jangan selalu menuruti keinginan buah hati anda, jika tidak mau mereka tumbuh sebagai pribadi yang egois dan manja.

6. Selalu Bersyukur

Terkadang kesulitan hidup yang sedang dihadapi dapat membuat seseorang menjadi rendah hati dan penuh syukur. Karenanya, ajari anak-anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah mereka miliki sekarang.

7. Berhati-hati Dalam Memilih Teman

Hati-hati memilih teman karena tidak semua orang bisa dijadikan teman. Anak-anak harus mengetahui bahwa pengaruh terbesar dari hidupnya adalah berasal dari teman.

8. Harta Benda Bukanlah Segalanya

Anak-anak perlu mengerti bahwa harta benda di dunia ini bukanlah segala-galanya. Bahwa kebahagiaan sejati itu berasal dari nurani yang merasa tenteram dan keluarga yang bahagia.

9. Tidak Mudah Merasa Iri Terhadap Orang Lain.

Ajari anak anda agar tidak mudah merasa iri terhadap orang lain. karena itu bila mereka menginginkan sesuatu yang orang lain miliki, anjurkan kepada mereka untuk bekerja lebih keras dan jujur untuk mendapatkannya.

10. Berikan Contoh Melalui Keteladanan Anda

Biarkan anak-anak melihat contoh melalui teladan yang nyata. Karena itu, berikanlah mereka contoh hidup yang bersahaja supaya mereka terdorong untuk melakukan hal yang sama.

Semoga bermanfaat, silahkan share..!!


EmoticonEmoticon